9 Mobil India di Indonesia, Ternyata Ada yang Laris Manis!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Terkenal dengan harga yang kompetitif serta punya desain menarik, menjadikan mobil India di Indonesia bisa kebagian ‘kue’ penjualan. Masyarakat memang juga semakin akrab dengan produk

Terkenal dengan harga yang kompetitif serta punya desain menarik, menjadikan mobil India di Indonesia bisa kebagian ‘kue’ penjualan. 

Masyarakat memang juga semakin akrab dengan produk dari negara penghasil baja terbesar kedua di dunia ini. 

Menurut GAIKINDO, penjualan merek mobil India memang relatif kecil. Tapi, masih terdapat sejumlah model yang peluangnya besar untuk memperoleh tingkat penjualan tinggi di Indonesia. 

Secara merk, GAIKINDO mengatakan jika lima tahun lalu terdapat tiga merk yang cukup terkenal di Indonesia dari India yakni Tata Motors, Renault, dan Suzuki. Kini, semakin banyak produsen mobil India yang mulai memasarkan di Indonesia. 

Baca Juga: Mobil Terios Lama: Perkembangan Menarik di Setiap Generasi

Produk Mobil India di Indonesia

Sampai kini, masih banyak merk mobil India yang begitu eksis di Indonesia. Kepopulerannya tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya India mampu menghadirkan desain mobil ciamik dengan harga terjangkau. Apa saja? Cek di sini: 

1. Mahindra

Pertama, ada Mahindra yang juga cukup populer di Indonesia. Bisa dibilang, merk ini adalah salah satu yang terbesar di negaranya sendiri. 

Menariknya, produsen asal India ini juga telah menembus pasar Australia, Afrika Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, bahkan juga berani bertanding di pasar Eropa. 

Merk mobil satu ini milik Mahindra Bersaudara dan Malik Ghulam Mohammed. Pabriknya mulai berdiri tahun 1945 dan menjadi pabrik perakit Willys Jeep khusus di India. 

Kemudian, Mahindra merambah ke pasar sepeda motor, traktor, sparepart, dan sejumlah sektor lain. Hingga akhirnya 1979 menjadi momen terbaik karena Mahindra punya lisensi membuat Diesel Peugeot 4-Silinder serta transmisi. 

Setelahnya, mereka juga merancang sekitar 20 model kendaraan. Contohnya adalah Scorpio dan Bolero. 

Memang, Mahindra bukan termasuk mobil India murah di Indonesia karena mereka menyasar kalangan menengah ke atas sejak 2019 lalu. 

Adapun jenis yang mereka jual adalah kendaraan mobil pick up atau kendaraan komersial saja yakni Scorpio. 

Kendaraan ini hadir dengan kabin tunggal dan kabin ganda yang bisa Anda pilih. Di pasar global, ini yang terlaris. 

Soal harga, double cab-nya sekitar Rp318 jutaan dan single cab-nya jelas lebih murah, yakni Rp270 jutaan. Ada juga Bolero Maxi Truck yang harganya Rp336,5 jutaan. 

2. Hindustan Motors

Selanjutnya, ada Hindustan Motors yang menjadi salah satu produsen mobil tertua yang ada di India. Pada tahun 1957, mereka hadir dengan mobil ikonik yang namanya Abassador. 

Terinspirasi dari Morris Oxford asal Inggris, Abassador bisa bertahan kurang lebih 50 tahun. 

Sampai tahun 2014, akhirnya mereka menutup pabrik karena tingkat penjualan yang rendah. 

Namun, tahun 2017 Hindustan Motors terbeli oleh induk usaha Peugeot, Citroen, dan DS yang bernama PSA Group. Kini, mobilnya juga cukup populer di Indonesia. 

3. Maruti Suzuki

Sebenarnya, mobil India di Indonesia ini saham terbesarnya ada di tangan Suzuki. Dominasi Maruti di India, menjadikan penjualan Suzuki semakin baik. 

Maruti Suzuki juga cukup populer di Indonesia karena memang pemegang saham terbesarnya mengekspor cukup banyak produk ke Indonesia. 

Dari laman berita lokal di India, tersebut bahwa Maruti berdiri 1981 dan pada 1982 Suzuki baru masuk menjadi salah satu pemegang sahamnya. 

Sedari awal, sebenarnya Maruti hanya bekerja sama untuk impor mobil Suzuki saja. 

Soal terkenal atau tidaknya produk Maruti Suzuki ini, Anda mungkin telah mendengar sejumlah nama yang begitu populer di Indonesia. 

Contohnya adalah Ertiga, Grand Vitara, Ignis, dan XL yang menjadi produk impor Indonesia dari pabrikan Maruti Suzuki di India. 

Soal harga mobil India di Indonesia satu ini memang juga menyasar kelas menengah ke atas karena ada di kisaran Rp230 jutaan – Rp390 jutaan untuk setiap unit mobil barunya. 

Baca Juga: Perbedaan Honda HRV dengan BRV, Lebih Bagus Mana?

4. Tata Motors

mobil india di indonesia

Meskipun menurut JawaPos penjualan mobil India Tata semakin merana, tetap tidak menutup kemungkinan bahwa di kemudian hari produsen mobil satu ini menampilkan taringnya. 

Tata Motors menjadi mobil India di Indonesia yang cukup populer. Pabrikannya juga punya sejumlah mobil lain seperti Jaguar yang kala itu terbilang mewah dan juga Land Rover. 

Produsen asal India ini hadir di Tanah Air sekitar September 2013 yang lalu. Kendaraan pertama yang hadir di sini cukup lengkap yakni dari tipe MPV, SUV, bahkan Hatchback. 

Unitnya yakni bernama Aria, Vista, dan Safari Storme. Vista, menjadi mobil yang menargetkan pasar anak muda dengan kapasitas 1.400 cc. 

Aria, menjadi model mobil MPV dengan diesel 2.200 cc. Beda dengan Safari Storme yang merupakan SUV dengan sasaran orang dengan kebutuhan durabilitas lebih tinggi meskipun masih sama-sama 2.200 cc. 

Bisa kami bilang bahwa ini adalah mobil India yang harganya sangat terjangkau. Tata Vista, sekitar Rp129 jutaan saja. Kemudian, untuk Aria dan Safari Storme hanya Rp249 jutaan – Rp279 jutaan. 

Namun, Tata Motors akhirnya mengubah strategi dengan hanya menjual mobil komersial saja di tahun 2017. 

Alasannya karena persaingan segmen mobil penumpang di Indonesia sangat ketat sehingga menyulitkan Tata Motors mengerek penjualannya. 

Kini, mobil Tata Motors hanya menyasar kendaraan komersial seperti pickup single maupun double cabin. Sampai juga dengan truk ukuran sedang dan besar. 

Contohnya seperti Proma ACE, Tata Ultra, LPT 913, Xenon Super ACE, dan LP 713. 

5. Renault

Jangan salah, meskipun Renault merupakan mobil dari Prancis, mobil-mobilnya yang ada di Indonesia itu impornya dari India. 

Alasan utamanya jelas yakni karena Renault sendiri punya dua sumber pabrik yakni Tiongkok dan India. Pabrik ini menjadi yang terbesar yang dimiliki oleh Renault selain di Perancis. 

Mobil-mobil Renault yang ada di Indonesia Renault Duster 4×2 dan Renault Duster 4×4. 

Selain itu, ada juga Renault Triber yang merupakan low MPV dengan kapasitas sampai 7 penumpang. 

Davy J. Tulian, selaku COO Maxindo Renault Indonesia, mengatakan jika Renault Triber itu ia bawa dari India dalam bentuk impor utuh. 

Sebutan lainnya adalah Completely Built Up atau CBU. Memang, harganya masih terbilang tinggi di Indonesia karena tidak mengimpor parts dan merakitnya di Indonesia. 

Baca Juga: 4 Perbedaan Kijang LGX dan LSX, Cek Sebelum Membeli

6. Hyundai, KIA, Volkswagen, dan Jeep

Kaget? Santai dulu, berbagai merk mobil ini juga ada yang diproduksi di India. GAIKINDO sendiri merilis laporan bahwa dari 47.799 unit mobil yang impor, 8.652 unit di antaranya itu datang dari India. 

Namun, memang nilai unit terbanyak itu datang dari Suzuki yakni 8.171 unit. Sisa angka lainnya di antaranya KIA dengan total 411 unit, Volkswagen 69 unit, dan Hyundai i10. 

Sepertinya, memang tak semua mobil India di Indonesia bukan merupakan produsen dari Bollywood itu sendiri, melainkan banyak hasil kerja sama dengan produsen mobil ternama di dunia. 

Butuh Mobil Bekas? Kunjungi CarsGallery!

CarsGallery akan menyediakan berbagai jenis kebutuhan mobil bekas berkualitas untuk Anda. Kami jamin, semua mobil yang ada masih dalam kualitas prima!

FAQ

Apakah ada mobil buatan India harga 25 juta

Ada. Namanya adalah Tata Nano yang merupakan produk dari Tata Motors. Harganya Rp24 jutaan – Rp28,9 jutaan. 

Apa merk otomotif dari India yang populer di Indonesia? 

Ada Suzuki, Tata Motors, dan Renault. 

Apakah mobil India bagus? 

Banyak yang bagus, apalagi jika pabrikan ketiga mobil yang populer di Indonesia.

Other Post

Related Post