CR-V Generasi 1 Hanya di Harga 60 Jutaan, Cek Kelebihannya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Memikirkan ingin beli mobil tapi budget di bawah 100 juta rupiah? Honda CR-V generasi 1 bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Harga bekas rata-rata saat

Memikirkan ingin beli mobil tapi budget di bawah 100 juta rupiah? Honda CR-V generasi 1 bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. 

Harga bekas rata-rata saat ini mulai dari 60-80 juta rupiah tergantung dengan kondisinya. Bukan hanya murah, sampai saat ini CRV gen 1 masih sering menjadi incaran karena terkenal dengan kualitasnya. 

Seperti apa kelebihan yang ditawarkan dan bagaimana cara Anda memilih CRV gen 1 yang masih bagus? 

Sekilas Sejarah CR-V Generasi 1 

Menilik kembali pada generasi Honda CRV, produk pertamanya rilis pada tahun 1995 dan baru masuk ke Indonesia tahun 1997-1998. Saat masuk ke Indonesia, ada dua jenis CRV. 

Pertama adalah CRV 2WD yang produksinya dirakit langsung di Indonesia. Kedua adalah CR-V gen 1 4×4 yang hadir dalam bentuk CBU dari Australia. 

Pada masanya, CRV menjadi pilihan mobil mewah karena termasuk kategori mobil SUV medium. Mobil ini mampu mengangkut 5 penumpang dengan dua baris kursi di dalam kabin. 

Baca Juga: Daftar Harga Toyota Gazoo Racing di Indonesia Tipe Terbaru

Kelebihan Honda CRV Keluaran Pertama

Tidak seperti kebanyakan mobil generasi pertama tahun 90-an yang tampil klasik, CRV memiliki beberapa kelebihan yang bisa dibilang tidak lekang oleh waktu. 

Inilah kelebihan yang bisa Anda peroleh jika membelinya:

1. Mobil SUV Medium Senyaman Sedan 

Anda akan merasakan kenyamanan seolah sedang naik sedan pada CRV, karena adanya suspensi model Double Wishbone. Suspensi ini sering digunakan pada mobil sedan sehingga terasa empuk ketika melewati jalan selain aspal. 

Bodi mobil juga terasa stabil ketika Anda berkendara di kecepatan lebih dari 80 km/ jam, layaknya mobil sedan Eropa. Ditambah lagi dengan ground clearance tinggi yaitu 8,1 inci membuatnya lebih nyaman melindas jalanan banjir. 

2. Desain Eksterior yang Maskulin dan Timeless

Masuk ke desain eksterior, CR-V generasi 1 memiliki sudut yang lebih kotak dibandingkan generasi terbarunya. Meskipun Anda menggunakan mobil ini sekarang, tampilannya tetap terlihat modern. 

Kesan maskulin terlihat dari bagian bumper yang lebih maju sehingga lebih gagah. Selain itu, ban cadangan diletakkan pada pintu belakang yang terkenal dengan sebutan ‘konde’. 

Menariknya, pintu bagian belakang menerapkan konsep two-piece yaitu bagian kaca yang tidak menyatu dengan pintu. Jadi, Anda bisa membuka bagian kaca ke atas tanpa harus membuka pintu keseluruhan. 

3. Kabin Luas dengan Jok Kulit yang Nyaman 

Anda yang ingin berkendara jarak jauh dengan 5 penumpang akan merasa nyaman berada di kabin yang luas. Baik itu headroom dan legroom CRV terasa lega, apalagi tidak ada gundukan tinggi di bagian lantainya. 

Bagian jok sangat menarik karena menggunakan kulit sintetis sehingga perawatannya mudah. Hal ini berbeda dengan jok kain yang kebanyakan ada pada mobil keluaran 90-an. 

Baca Juga: 5 Jenis Mobil Keluarga yang Kuat di Tanjakan

4. Bagasi Luas dengan Tambahan Kursi Belakang Berhadapan 

Pada CRV pertama, bagian bagasinya memiliki dimensi luas sehingga Anda bisa membawa banyak barang. Keistimewaan lainnya adalah, Honda menambahkan jok bagasi khusus untuk mobil di Indonesia. 

Hanya saja, bentuk jok ini berbeda dengan CRV Gen 2 yang berupa baris ketiga pada mobil. Jok di bagian bagasi CRV keluaran pertama posisinya berhadap-hadapan yang berupa bantalan dan juga sandaran busa. 

5. Tenaga Mesin yang Masih Oke untuk Berbagai Tipe Jalan 

Pada bagian mesin, Honda menyediakan mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.973 cc, baik itu versi AWD dan 4WD. 

Bedanya, pada CRV 4WD memiliki tenaga sampai 128 PS pada 5.400 rpm, sedangkan mesin 2WD nya memberikan tenaga hingga 135 PS di 6.000 rpm. 

Memperhatikan besaran tenaganya, CRV 4WD masih sanggup melibas medan yang cukup berat, seperti pegunungan atau pantai. Namun, jika Anda ingin jalanan perkotaan, CRV 2WD akan lebih baik. 

Mengenal Kelemahan CR-V Gen 1

cr-v generasi 1

Tidak lengkap jika Anda hanya melihat dari segi kelebihan saja saat ingin membeli mobil. CRV keluaran pertama juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

1. Mobil yang Lumayan Boros 

Mobil lama terkenal boros, tidak terkecuali CRV generasi ini. Pasalnya, mobil masih belum mengadopsi mesin hemat, seperti CR-V Hybrid yang sudah menggabungkan tenaga listrik. 

2. Aksesoris yang Tidak Murah 

Suku cadang CR-V generasi 1 masih cukup banyak tersedia sehingga memudahkan perawatan. Sayangnya, hal yang sama tidak berlaku pada aksesoris mobil yang kini sudah mulai jarang. 

3. Jok Belakang Tambahan yang Tidak Nyaman 

Jok berhadapan yang ada di bagian bagasi terasa tidak nyaman karena bentuknya hanya bantalan. Tidak ada ruang untuk kaki sehingga penumpang harus duduk lesehan. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Honda Ternyaman dan Kabin Luas

4 Tips Membeli CRV Generasi 1 yang Berkualitas 

Membeli mobil bekas seperti CRV perlu ketelitian, bukan hanya tergiur dengan harga yang murah tetapi juga memperhatikan kondisi mobil. Ikuti tips berikut untuk mendapat CRV berkualitas:

1. Mengecek Kondisi Kaki-kaki Mobil 

Sudah berusia lebih dari 25 tahun, wajar jika ada beberapa kerusakan pada mobil. Jika ingin membeli CRV, Anda harus mengecek kondisi kaki-kaki mobil dengan seksama. 

Biasanya, pada karet bushing ball joint, long tie rod, hingga tie rod membutuhkan penggantian. Jika tidak diganti maka akan muncul suara saat mobil berjalan dan merusak komponen lainnya. 

2. Mengecek Kondisi Power Steering 

Saat Anda mendapat referensi Honda CRV generasi 1, cobalah untuk mengendarainya. Cek bagian power steering apakah terasa berat atau tidak. 

Seharusnya CRV memiliki power steering yang tidak terlalu berat. Jika Anda merasa berat, artinya ada kebocoran yang terjadi atau belt yang mengeras karena usia. 

3. Memastikan Kinerja AC Masih Lancar 

Jangan membayangkan AC mobil akan sangat sejuk layaknya mobil keluaran terbaru. CRV lama memiliki AC yang tidak terlalu dingin, tetapi asalkan fungsinya normal tidak menjadi masalah. 

Pastikan saja tidak ada kebocoran freon yang akan menghabiskan banyak biaya perbaikan. 

4. Mengecek Kondisi Lampu

Bagian lampu biasanya juga sudah mulai mengalami penurunan kualitas. Contohnya, mika lampu dan reflektor yang buram hingga retak. 

Cek sekali lagi apakah kerusakannya masih bisa Anda perbaiki dengan biaya yang sesuai kantong. 

Beli Mobil Bekas Langsung di Carsgallery Banyak Untungnya!

Merasa kesulitan untuk memilih CRV bekas yang kualitasnya terjamin? Tidak perlu bingung, Anda bisa mengunjungi CarsGallery untuk mencari mobil bekas yang sudah dicek kualitasnya. 

Bukan hanya CRV pertama, tetapi juga varian mobil bekas lain di segala merek akan Anda temukan. CarsGallery memberikan jaminan berupa garansi pula untuk semua mobil bekas yang Anda beli. 

Jangan sampai tertipu dengan harga murah dan tampilan mobil bekas yang bagus. Dapatkan sekarang juga mobil bekas berkualitas hanya di CarsGallery. 

FAQ

Kapan CR-V generasi 1 masuk ke Indonesia? 

CRV pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1998.

Apakah CRV menyediakan mesin mobil hybrid? 

Ya, mesin hybrid ada di All New Honda CR-V yang rilis tahun 2023.

Berapa kapasitas mesin mobil CRV keluaran pertama? 

Kapasitas mesinnya adalah 1.973 untuk varian 2WD dan 4WD.



Other Post

Related Post