5 Fungsi Tachometer Mobil, Pengemudi Wajib Tahu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Kebanyakan orang sudah tidak asing dengan speedometer dan fungsinya. Namun, fungsi tachometer masih jadi tanda tanya. Bahkan hanya segelintir dari kita yang mengenal alat ini.

Kebanyakan orang sudah tidak asing dengan speedometer dan fungsinya. Namun, fungsi tachometer masih jadi tanda tanya. Bahkan hanya segelintir dari kita yang mengenal alat ini. 

Padahal tachometer memiliki fungsi yang sama seperti speedometer, yaitu sebagai pengukur kecepatan. Biasanya, tachometer juga terdapat pada panel instrumen mobil bersanding dengan speedometer.

Mari kenali lebih baik mengenai tachometer dan fungsinya.

Sekilas tentang Tachometer

Tachometer merupakan alat pengukur putaran mesin. Fungsi tachometer adalah untuk mengukur tingkat kecepatan putaran mesin dalam satuan rpm (rotasi per menit).

Menilik dari sejarahnya, tachometer pertama kali dibuat oleh insinyur Jerman, Diedrich Uhlhorn pada tahun 1817. Alat ini bekerja mengukur kecepatan putaran crankshaft.

Kemudian sejak tahun 1849, tachometer mulai digunakan sebagai indikator kecepatan pada lokomotif. 

Tachometer biasanya memiliki jarum atau layar digital yang berfungsi sebagai penunjuk angka rpm ketika mesin beroperasi.

Alat ini umum terdapat pada panel instrumen mobil. Selain itu, Anda bisa menemukan tachometer pada berbagai kendaraan lain seperti pesawat. Bahkan beberapa peralatan medis menggunakan tachometer.

Fungsi Tachometer

Kehadiran tachometer sangat bermanfaat bagi pengemudi karena berperan dalam menuntun pengoperasian kendaraan. Supaya lebih paham, berikut uraian tentang fungsi tachometer mobil:

1. Indikator Kecepatan Mesin

Tachometer memberikan informasi mengenai kecepatan putaran mesin mobil. Anda bisa melihat tingkat kecepatan putaran mesin dari seberapa besar rpm mobil.

Informasi tersebut bisa membantu Anda mengamati performa mesin serta memastikan mesin beroperasi dalam kisaran putaran optimal. 

Selain itu, informasi dari tachometer juga bisa membantu Anda memastikan mesin tidak beroperasi dengan putaran yang melebihi batas standar. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga keamanan dan mencegah terjadinya kerusakan mesin.

Mengendarai mobil dengan angka rpm terlalu tinggi berpotensi menyebabkan usia pemakaian mesin menjadi sangat pendek.

2. Memantau Perpindahan Gigi

Pada mobil dengan transmisi manual, tachometer juga berperan membantu pengemudi untuk menentukan waktu yang tepat untuk ganti gigi. 

Caranya yaitu dengan memantau kecepatan putaran mesin yang ditunjukkan oleh tachometer. Dengan memantau tachometer, Anda bisa mengetahui waktu yang tepat untuk menaikkan atau menurunkan gigi supaya kinerja mesin tetap optimal.

Hal ini berperan penting dalam menjaga kenyamanan berkendara, menghindari kerusakan mesin, dan menjaga penggunaan bahan bakar dengan efisien.

3. Membantu Mengendalikan Kecepatan

Berbekal pengetahuan cara baca tachometer mobil, Anda juga bisa mengendalikan kecepatan kendaraan dengan lebih aman dan efisien.

Sebagai contoh, ketika berkendara melalui kemacetan, maka Anda perlu menjaga kecepatan mobil tetap rendah. Nah, Anda bisa memakai tachometer untuk mengatur tingkat kecepatan putaran mesin.

Dengan demikian, mobil bisa melaju dengan nyaman menggunakan kecepatan putaran mesin yang stabil dan menghindari akselerasi yang tidak Anda inginkan.

4. Mendeteksi Masalah Mesin

fungsi tachometer

Fungsi tachometer selanjutnya yaitu sebagai indikator awal yang mendeteksi adanya masalah pada mesin.

Perubahan atau fluktuasi yang tiba-tiba pada tachometer bisa menjadi petunjuk terjadinya masalah pada komponen tertentu yang terkait dengan performa mesin. Seperti sistem pengapian, sistem bahan bakar, atau keausan komponen mesin.

Dengan memperhatikan perubahan yang tidak wajar pada tachometer, maka Anda bisa segera melakukan perbaikan yang diperlukan sebelum masalah menjadi semakin serius.

5. Membantu Mengoperasikan Transmisi Otomatis

Tidak hanya bermanfaat dalam mengemudikan mobil manual, kehadiran tachometer pada mobil matic juga berguna dalam situasi tertentu. 

Sebagai contoh, saat Anda ingin melakukan akselerasi cepat, maka bisa melihat tachometer terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk memastikan mesin berada pada kecepatan putaran yang tepat, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal.

Bagian-bagian Tachometer

Supaya bisa menggunakan fungsi alat tachometer, maka Anda perlu mengetahui bagian-bagian dari alat ini. Berikut beberapa bagian utama dari tachometer mobil:

1. Tampilan

Tampilan merupakan bagian yang menampilkan kecepatan mesin dalam satuan rpm. Perlu diketahui, bahwa jenis tachometer yang berbeda memiliki tampilan yang berbeda pula.

Tachometer analog menunjukkan besar kecepatan putaran mesin dalam tampilan jarum yang bergerak pada skala. Sedangkan tachometer digital menampilkan secara langsung angka rpm.

2. Jarum

Jarum pada tampilan analog berfungsi sebagai penunjuk besar rpm. Bagian ini akan bergerak pada skala dan menunjukkan angka yang sesuai dengan kecepatan putaran mesin.

3. Sensor

Fungsi komponen tachometer ini adalah untuk mendeteksi sinyal listrik atau pulsasi yang muncul saat terjadi perubahan putaran mesin. Kemudian, sensor akan mengubah sinyal tersebut menjadi informasi yang bisa dibaca oleh tachometer.

Bagian ini terhubung pada sistem pengapian atau sistem lain pada mobil.

4. Kabel

Kabel pada tachometer menghubungkan sensor pada mesin dengan alat. Fungsi dari kabel adalah untuk mengirimkan sinyal listrik dari sensor ke tachometer. Sehingga tachometer dapat menampilkan informasi mengenai kecepatan putaran mesin.

Pada mobil keluaran terbaru, tachometer tidak lagi menggunakan kabel karena sudah tergantikan teknologi nirkabel.

5. Tombol Mode dan Fungsi Tambahan

Sejumlah tachometer memiliki tombol mode yang memungkinkan Anda untuk mengakses fungsi tambahan. Sebagai contoh, Anda bisa mengubah unit satuan yang digunakan seperti rpm atau x1000 rpm.

Ada juga yang menyediakan akses fungsi pemantauan suhu mesin atau pengaturan khusus lainnya.

Itulah beberapa fungsi tachometer yang wajib Anda ketahui. Mengingat pentingnya peran dari tachometer, maka Anda sebaiknya memastikan alat ini berfungsi dengan normal ketika memilih mobil bekas.

CarsGallery merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. Soalnya, mobil dari CarsGallery sudah lolos inspeksi, sehingga kondisinya terjamin prima.

Mau cari mobil bekas yang masih mulus dan siap pakai? Yuk, langsung saja ke CarsGallery.

Other Post

Related Post