Mengenal 6 Istilah-Istilah dalam Pembelian Mobil Baru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Tahukah Anda kalau ada istilah-istilah dalam pembelian mobil baru yang sebaiknya dipahami oleh calon pembeli terlebih dahulu. Mengingat istilah ini berkaitan dengan pembayaran hingga kebutuhan

Tahukah Anda kalau ada istilah-istilah dalam pembelian mobil baru yang sebaiknya dipahami oleh calon pembeli terlebih dahulu. Mengingat istilah ini berkaitan dengan pembayaran hingga kebutuhan asuransi.

Apabila calon pembeli tidak mengenal istilah yang ada, bisa jadi mengalami penipuan. Meskipun penipuan saat membeli mobil baru memiliki persentase yang sangat kecil, tetapi Anda tetap wajib berjaga-jaga.

Nah, biar Anda dapat mempraktekkan tips membeli mobil baru yuk pelajari terlebih istilah pentingnya terlebih dahulu pada artikel kali ini.

Istilah-istilah dalam Pembelian Mobil Baru

Istilah pembelian mobil baru wajib Anda pelajari untuk memudahkan proses transaksi, berikut rangkumannya:

1. Down Payment (DP)

Pertama, ada istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Down Payment atau DP merupakan proses pembayaran awal yang sudah mendapat kesepakatan antara kedua belah pihak, sales dan pelanggan.

Jumlah DP yang harus pembeli berikan sekitar 25 – 30% dari harga jual kendaraan. Namun, tidak semua pembelian di rate itu, ya. Ada beberapa dealer yang percaya kepada konsumennya sehingga memberikan DP sesuai kesanggupan klien.

2. Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)

Berikutnya dokumen pembelian mobil baru yang nantinya digunakan untuk memesan kendaraan dari dealer atau produsen kendaraan adalah SPK atau Surat Pemesanan Kendaraan.

Lantas, apa yang dimaksud SPK dalam pembelian mobil? Surat ini memiliki peran penting dalam pembelian karena berisi informasi mengenai jenis, model, warna, dan spesifikasi lengkap dari mobil yang ingin Anda beli.

Di SPK juga tercantum informasi harga, tanggal pengiriman, syarat pembayaran, serta beberapa informasi lain dari pembeli.

3. Leasing

Selanjutnya ada Leasing yang merupakan Lembaga pembiayaan kendaraan resmi dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biasanya Leasing ini menjadi salah satu pilihan bagi seseorang yang ingin membeli mobil atas nama perusahaan.

Di sini, layanan akan membantu Anda untuk melakukan pembelian secara kredit. Karena atas nama perusahaan, pastikan Anda memilih leasing yang bertanggung jawab, aman, dan mudah.

4. Off The Road

Off The Road merupakan istilah untuk memberikan informasi mengenai harga beli mobil tetapi tidak termasuk dalam pengurusan surat kendaraan seperti BPKB dan STNK.

5. ON The Road

Berbeda dengan Off The Road, pada On The Road akan ada informasi harga mobil sekaligus biaya pengurusan dokumen penting seperti BPKB dan STNK. Biaya On The Road ini tentu lebih mahal daripada Off The Road.

6. Booking Fee

Berikutnya adalah booking fee. Daripada beberapa istilah lain, mungkin booking fee cukup familiar di telinga Anda. Di mana, booking fee ini menjadi salah satu tanda keseriusan dari pelanggan untuk melakukan pembelian mobil.

Booking fee biasanya dilakukan untuk kendaraan yang berada di tahap pre-order. Besarannya antara Rp5.000.000 – Rp10.000.000. Namun, jika terlalu lama menunggu dan ingin membatalkan, apakah booking fee mobil bisa kembali?

Tergantung dari perusahaan mobil. Ada beberapa perusahaan yang memberikan pengembalian meskipun hanya 50%. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang tidak mau mengembalikan uang pemesanan.

Jika Anda belum yakin 100% lebih baik lakukan kesepakatan kepada sales lembaga agar proses kedepannya lebih jelas.

Itulah istilah-istilah dalam pembelian mobil baru yang penting untuk Anda ketahui. Yuk, pelajari lebih dalam istilah lainnya agar Anda tidak tertipu.

Selain itu, pastikan Anda juga mengenal dealer tempat membeli mobil. Lakukan pengecekan status dan kredibilitasnya. Salah satu rekomendasi dealer terpercaya yang dapat Anda pertimbangkan adalah Cars Gallery.

Di sini, Anda akan mendapatkan pelayanan super lengkap. Mulai dari fast support, lembaga sudah bersertifikat, harga mobil terjangkau, hingga garansi resmi dari perusahaan. Yuk tunggu apalagi, beli mobil kesayangan Anda di Cars Gallery saja.

Other Post

Related Post