5 Jenis Mobil Keluarga yang Kuat di Tanjakan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Jenis mobil keluarga yang kuat di tanjakan memang sudah banyak menjadi incaran bagi konsumen di Indonesia. Pasalnya, banyak sekali jalan menanjak, terutama di dataran tinggi,

Jenis mobil keluarga yang kuat di tanjakan memang sudah banyak menjadi incaran bagi konsumen di Indonesia. Pasalnya, banyak sekali jalan menanjak, terutama di dataran tinggi, di Tanah Air.

Karena faktor ini, konsumen harus memilih mobil yang dapat menjadi andalan dalam segala medan, termasuk jalan menanjak. Kenyataannya, tidak semua mobil keluarga yang mampu melakukannya.

Alhasil, pencarian produk mobil yang memenuhi kriteria itu terbilang cukup sulit. Apalagi mobil keluarga harus memiliki aspek kapasitas tampung sebanyak tujuh orang. Dari sini, sudah pasti sebuah mobil harus memiliki kekuatan yang sangat besar.

Tenang saja, artikel ini akan membahas mobil keluarga mana sajakah yang kuat di tanjakan. Baik dalam performa, kemampuan menanjak, dan kapasitas penumpang, semua akan diulas di artikel ini.

Faktor yang Membuat Mobil Keluarga Kuat Nanjak

Sebelum beralih ke rekomendasi, terdapat beberapa faktor yang patut menjadi pertimbangan dalam mencari mobil keluarga yang kuat menanjak. Terdapat setidaknya empat faktor seperti: 

1. Jenis Transmisi

Faktor pertama terlihat dari jenis transmisinya. Biasanya mobil bertransmisi manual banyak terpakai di jalan menanjak berkat penggunaan kopling. Kopling tersebut sangat berguna dengan minim selip dan pembuangan tenaga minimal.

Sedangkan transmisi matic, baik AT dan CVT, memiliki kopling fluida. Kopling jenis ini akan mengeluarkan tenaga lebih besar ketika terpakai untuk melewati jalan menanjak atau menarik beban berat.

Maka, dapat disimpulkan bahwa mobil bertransmisi manual lebih mampu menghadapi jalan menanjak. Asalkan, pengemudi harus memiliki keahlian pengaturan gigi sesuai kebutuhan demi memudahkan melewati tanjakan.

2. Angka Torsi

Untuk memilih mobil keluarga yang kuat di tanjakan, perhatikan torsi maksimum dalam spesifikasi. Semakin besar torsi maksimumnya, semakin besar peluang kemampuan melewati menanjak kendaraan.

Logikanya, kendaraan akan sulit melewati tanjakan berat bobotnya tinggi dan geometri jalan miring. Pentingnya torsi tinggi ini akan membantu mobil melewati jalan menanjak. Artinya, ini berbanding terbalik dengan kemiringan tanjakan dan beban kendaraan.

3. Sistem Penggerak Roda

Faktor ketiga terdapat pada sistem penggerak roda. Sistem ini akan menentukan apakah mobil mampu melewati jalan menanjak atau tidak. Sebab, traksi roda perlu terjaga supaya tidak terjadi spinning saat pengendara menancap gas.

Dari sini, all wheel drive berpotensi lebih andal karena seluruh roda berperan dalam menggerakkan kendaraan. Sementara itu, roda belakang menekankan titik tumpu mobil di ban belakang ketika menanjak.

4. Fitur Asisten Pengemudi

Fitur asisten pengemudi juga berdampak pada kekuatan menanjak. Saat ini, sudah ada banyak fitur canggih yang membantu pengemudi untuk memudahkan dalam menghadapi jalan menanjak.

Terdapat dua contoh penting berupa Traction Control System (TCS) dan Advanced Drive Assistance System (ADAS). Keduanya akan membantu mencegah roda mengalami spinning alhasil pengemudi akan lebih terbantu.

Daftar Jenis Mobil Keluarga yang Kuat di Tanjakan

jenis mobil keluarga yang kuat di tanjakan

Jadi, apa saja jenis mobil keluarga yang mampu menghadapi jalan menanjak? Terdapat lima produk mobil yang memenuhi keempat faktor di atas sebagai berikut:

1. Mitsubishi Xpander

Pertama, ada Mitsubishi Xpander yang menjadi salah satu mobil keluarga besar terpopuler di Indonesia. Mobil buatan Mitsubishi ini memiliki desain sporty, futuristik dan jantan yang sudah menuai pujian oleh pecinta otomotif.

Mobil keluarga ini memiliki mesin yang kuat dan teknologi mutakhir. Bahkan, menurut laman resmi Mitsubishi, Xpander memiliki fitur Hill-Start Assist dan tombol overdrive yang membantu berakselerasi di jalan menanjak.

2. Toyota Rush

Selanjutnya, ada Toyota Rush yang merupakan jenis mobil keluarga yang nyaman sekaligus berperforma luar biasa. Berkat teknologi NR-VE dan Dual VVT-I, mobil ini memiliki mesin bertenaga sekaligus mampu melewati tanjakan secara mulus.

Bahkan, desain Toyota Rush menuai pujian karena tergolong aerodinamis. Dengan demikian, mobil ini cocok untuk penggunaan sehari-hari atau petualangan di jalanan menantang sambil mengutamakan efisiensi bahan bakar.

3. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga ikut terkenal sebagai jenis mobil keluarga yang kuat di tanjakan. Populer di kalangan masyarakat, mobil buatan Suzuki ini tergolong efisien dalam konsumsi BBM serta memiliki tenaga cukup besar.

Menariknya, teknologi canggih yang tersemat di generasi terbaru membantu akselerasi mobil, bahkan saat mengaspal di jalan menanjak. Tentu saja, kapasitas penumpang dapat mencapai tujuh orang, menjadikannya sebagai mobil yang cocok untuk keluarga.

4. Suzuki XL7 Alpha

Tidak kalah dari Ertiga, Suzuki XL7 Alpha ikut menjadi jenis mobil yang kuat di tanjakan. Tenaga dan torsinya terbilang cukup besar, sehingga tidak perlu khawatir lagi ketika melewati jalan menanjak.

Mobil ini juga memiliki kapasitas penumpang hingga tujuh orang dengan ruang kabin cukup luas. Dengan demikian, penumpang akan merasa kenyamanan ketika melewati jalan panjang atau menanjak sekalipun.

5. Honda BR-V

Terakhir, Honda BR-V juga terkenal dengan berbagai fitur canggih yang mengutamakan kenyamanan sekaligus keamanan. Interiornya terdiri dari kabin berukuran luas dengan kapasitas hingga tujuh penumpang serta berbagai fitur canggih.

Tentunya, mobil keluarga Honda ini memiliki tenaga dan torsi maksimum tinggi, membuatnya mampu melewati jalan menanjak dengan mudah. Fitur keselamatan dan teknologi turut membantu pengemudi bisa mengendalikan mobil lebih baik.

Itulah lima rekomendasi jenis keluarga yang kuat di tanjakan. Pada akhirnya, keputusan dalam memilih mobil keluarga perlu memperhatikan berbagai aspek relevan, termasuk tenaga, kenyamanan dan keamanan.

Ingin membeli mobil bekas tetapi khawatir dengan kualitasnya? Tenang, ada CarsGallery yang akan menjamin setiap mobil bekas berkualitas. Setiap produk mobil bekas yang kami tawarkan sudah melalui pemeriksaan inspektur profesional.

Segera dapatkan mobil bekas idaman tanpa zonk hanya di CarsGallery! Kami jamin Anda berhak mendapatkan mobil bekas berkualitas dan tetap bersertifikasi.

Other Post

Related Post