Kenalan dengan 4 Mobil Buatan Malaysia, Ada Pabrik Sendiri!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Malaysia termasuk salah satu negara yang berhasil memproduksi mobil nasional lewat Proton. Salah satu perusahaan yang menawarkan lumayan banyak mobil buatan Malaysia. Menariknya, memproduksi mobil

Malaysia termasuk salah satu negara yang berhasil memproduksi mobil nasional lewat Proton. Salah satu perusahaan yang menawarkan lumayan banyak mobil buatan Malaysia

Menariknya, memproduksi mobil nasional bukanlah perkara mudah. Apalagi, tidak banyak negara yang bisa. Kalau di Eropa sendiri, produksi mobil nasional merupakan sesuatu yang sangat biasa. Namun, tidak dengan Asia. 

Meski demikian, kini sudah ada juga beberapa negara di benua Asia yang berhasil mengeluarkan mobil nasional, seperti Korea dan Jepang. Keduanya mewakili mobil produksi Benua Asia. 

Meski sudah diwakilkan oleh keduanya, tapi Malaysia tetap masuk ke dalam daftar negara di Asia yang mempunyai mobil nasional. Bagi yang penasaran dengan seberapa bagus mobil buatan Malaysia, bisa simak ulasannya berikut!

Perusahaan Mobil Buatan Malaysia Pertama: Proton

Proton merupakan perusahaan yang digagas oleh Mahathir Mohamad, yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia. 

Proton merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi mobil di Malaysia, dan termasuk produsen mobil pertama di sana. 

Proses pembangunan perusahaan membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu 30 tahun. 

Sangat disayangkan, karena saat ini tidak 100 persen milik Malaysia. Hal ini karena 49,9 persen saham mereka telah dibeli oleh pabrik mobil dari Cina. 

Meski demikian, DRB-Hicom Group memastikan bahwasanya posisi Proton tetap sebagai mobil nasional, karena masih berstatus sebagai pemegang mayoritas saham. 

Akuisisi tersebut berlaku sejak 23 Juni 2017. Kemudian, DRB-Hicom dengan Geely membentuk Proton Group. 

Grup tersebut terbagi ke dalam beberapa entitas utama, yaitu Perusahaan Otomobil Nasional Sdn Bhd (PONSB) dan Proton Holdings Berhad (PHB). 

PONSB berperan sebagai nyawa Proton. Ia bergerak di bidang produksi, kemudian perakitan, hingga pemasaran. 

Baca Juga: 8 City Car Paling Irit Bahan Bakar, Layak Dipertimbangkan!

4 Mobil Buatan Malaysia

Berikut adalah beberapa mobil buatan Malaysia yang diproduksi oleh Proton, yang notabenenya adalah produsen mobil pertama di Malaysia:

1.  Proton Exora

mobil buatan malaysia

Proton Exora merupakan mobil buatan Malaysia yang paling terkenal. Bahkan, mobil satu ini sempat memasuki pasar di Indonesia, dan berhasil bersaing dengan Toyota Innova. 

Sayangnya, pihak Proton sudah berhenti memproduksi mobil dengan jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) tertanggal 18 Oktober 2023. Itu artinya, mobil jenis penumpang dari Proton sudah stop produksi nyaris setahun. 

Padahal MPV Exora sudah menemani cukup lama, yaitu 14 tahun. Ia rilis tahun 2009, dengan jumlah produksi yang cukup banyak. Adapun total produksinya adalah 196.583 unit. 

Cukup banyak juga yang masuk ke pasar otomotif tanah air kita dalam bentuk Completely Built Up (CBU), alias dalam bentuk yang utuh. 

Di Indonesia, mobil keluaran Malaysia ini bersaing dengan Innova, yang notabenenya adalah mobil yang laku keras di Indonesia. Exora hadir dengan satu jenis pilihan mesin saja, yaitu 1.600 cc. 

Supaya penumpang lebih nyaman, pabrikannya menawarkan jok dengan model captain seat. Kehadirannya di Indonesia menjadi alternatif bagi para pengemudi. 

Sayangnya, di tengah persaingan yang sangat ketat, mobil Malaysia di Indonesia satu ini masih belum begitu menonjol. Hal ini bisa kita lihat dari jumlah penjualan yang berbeda jauh, antara Innova dengan Exora. 

Saat Innova berhasil mendapatkan angka penjualan yang sangat tinggi, jumlah penjualan Exora justru sebaliknya. 

Meski di tahun 2011 mereka menawarkan mesin turbocharged dengan embel-embel pencapaian yang memukau pada uji tabrak ANCAP (Australasian New Car Assessment Program), angka penjualannya masih tidak mengalami perkembangan. 

Dari perjalanannya memasuki dunia otomotif Indonesia, jelas bahwa angka penjualan Exora terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. 

Sampai akhirnya perusahaan yang menawarkannya di Indonesia angkat tangan, dan tutup. 

Baca Juga: City Car Murah Dibawah 50 Juta, Siap Terjang Kemacetan Kota!

2. Proton Saga

Berikutnya, ada mobil Proton Saga. Proton Saga adalah salah satu mobil asli Malaysia yang masuk ke dalam daftar mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat sana. 

Mobil ini sudah rilis tahun 1985. Ia termasuk mobil sedan, dan sempat tersedia di Indonesia. Harganya tergolong lebih terjangkau dibandingkan mobil di segmen yang sama dari brand lain. 

Interiornya tergolong simple, tapi tetap elegan. Bagian interiornya menggunakan warna hitam, sementara kursinya dilapisi dengan kulit. Kursi bagian depannya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang menarik, sehingga lebih nyaman. 

Adapun kapasitas bagasinya sendiri terbilang cukup besar. Mesinnya bergerak dengan tenaga sampai 94 hp. Menariknya, mobil satu ini mempunyai daya angkat mesin dan akselerasi yang lumayan. Tangki BBMnya berkapasitas 40 liter. 

3. NAVI dan NAVI-D

Adapun mobil made in Malaysia yang selanjutnya adalah NAVI dan NAVI-D, yang notabenenya merupakan mobil super canggih, karena bisa jalan sendiri tanpa sopir. Menarik, kan? 

Kedua mobil ini adalah mobil kreasi yang bukan hanya canggih, tapi juga menarik. Ia adalah mobil dengan teknologi otonom yang level 4. 

Munculnya mobil canggih ini adalah inisiatif dari pihak kementerian di Malaysia, yaitu lewat agensi mereka, Nano Malaysia. NAVI sendiri merupakan kependekan dari Nano Malaysia Autonomous Vehicle. 

Keberadaan mobil satu ini adalah untuk kebutuhan transportasi serta berbagi kendaraan, alias sebagai kendaraan penumpang. 

Sementara yang NAVI-D adalah mobil yang dirancang secara khusus untuk mobil otonom logistik atau pengiriman last mile. Sehingga, hanya fokus di kegiatan pengiriman barang saja, atau kebutuhan otonom yang lainnya. 

Sebagai mobil otonom, NAVI-D mempunyai sistem khusus dalam memenuhi kebutuhan sektor logistik. Ia merupakan evolusi dari NAVI, yang fokusnya pada pengiriman paket dan makanan.

Demi pengembangan mobil otonomi, pihak Malaysia memaksimalkan mobil keluaran dari Proton. Keduanya mendapatkan perkembangan, seperti penambahan sensor, kamera, radar, dan yang lainnya. 

Baca Juga: Intip 4 Kelebihan dan Kekurangan City Car Sebelum Beli

4. Proton Iriz

mobil buatan malaysia

Mobil buatan Malaysia berikutnya adalah mobil listrik. Beberapa tahun belakangan ini, ada banyak perusahaan yang berlomba-lomba memproduksi mobil listrik. Menariknya, mobil ini mempunyai peminat yang cukup banyak. 

Kabar baiknya, Proton juga percaya dapat mengeluarkan mobil listrik. Namun, mobil listrik baru akan rilis pada tahun 2025 mendatang. Bahkan, proton langsung mengeluarkan dua mobil listrik sekaligus. 

Rencana pembuatan mobil listrik sudah ada sejak setahun sebelumnya. Proton berupaya memenuhi harapan Kementerian Industri dan Perdagangan Internasional, yaitu mengeluarkan mobil listrik dalam negeri.

Bagi Proton, mobil listrik bukanlah sesuatu yang baru. Hal ini karena mereka sudah pernah juga membuat Proton Iriz, yang notabene merupakan mobil yang konsepnya sama seperti mobil listrik. 

Sayangnya, mobil tersebut hanya sebatas konsep saja, belum terwujud dalam bentuk produksi, apalagi dalam jumlah banyak. Namun, kali ini mereka berusaha menghadirkan konsep tersebut kembali dan akan memproduksinya. 

Bagian yang paling menariknya adalah, Paultan yang notabenenya adalah CEO Proton justru berspekulasi dan tidak yakin bahwa Proton bakalan membuat mobil listrik Malaysia berdasarkan sumber daya negara mereka. 

Dalam hal ini, mereka bisa saja memakai mobil buatan Geely. Apalagi, mereka mempunyai saham mayoritas di Geely. 

Berhubung masih rilis tahun depan, kita nantikan gebrakan menarik mobil listrik buatan Malaysia ini, ya. Apakah mobil keluaran Malaysia ini bagus, atau justru akan bernasib sama seperti mobil Proton Exoranya mereka. 

Demikian ulasan sekilas seputar mobil buatan Malaysia, yang penting Anda tahu.

Tertarik Membeli Mobil Bekas? Beli di Cars Gallery Saja!

Mobil bekas adalah solusi terbaik untuk Anda yang membutuhkan mobil, tapi dengan budget yang minim. Saat ini, Anda tidak perlu khawatir lagi saat akan membeli mobil bekas. CarsGallery hadir sebagai jawabannya. 

Kami merupakan perusahaan yang menawarkan layanan jual beli mobil bekas bekas bertifikasi. Mobil bekas yang kami tawarkan sudah dicek oleh inspektor profesional. Sehingga, soal kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Dengan beli mobil bekas di CarsGallery, Anda bukan hanya memperoleh mobil yang sudah dicek secara detail, tapi juga bisa mendapatkan mobil dengan garansi lengkap. Tertarik? Hubungi kami sekarang dan temukan mobil impianmu!

FAQ

Apakah mobil Proton buatan asli Malaysia? 

Ya, Proton merupakan produsen asli dari Malaysia. Proton sendiri merupakan singkatan Perusahaan Otomotif Nasional Sdn. Bhd. Berdiri tahun 1985, dan merupakan inisiatif Mahathir Mohamad.

Apakah mesin yang digunakan oleh Proton? 

Proton adalah mobil perdana yang diproduksi oleh perusahaan mobil di Malaysia. Adapun mesin yang digunakan ialah Mitsubishi Orion 4G13. Sementara desainnya adalah model Mitsubishi Lancer Fiore.

Berapa Konsumsi BBM Proton Exora?

Proton Exora dapat menghasilkan kecepatan 165 km/jam. Konsumsi bahan bakarnya adalah sekitar 7,2 liter per 100 km-nya. Mesinnya cukup kuat, karena menggunakan Campro CPS yang bertenaga 125 hp/150 Nm.



Other Post

Related Post