10 Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit, Nyaman dan Aman

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Memilih mobil keluarga paling irit akan memudahkan Anda untuk menghemat biaya dan menambah aspek kenyamanan. Kenyataannya, tidak mudah untuk memilih mobil yang tepat karena perlu

Memilih mobil keluarga paling irit akan memudahkan Anda untuk menghemat biaya dan menambah aspek kenyamanan. Kenyataannya, tidak mudah untuk memilih mobil yang tepat karena perlu pertimbangan lain seperti keamanan dan fungsionalitas.

Di pasaran, sudah banyak jenis mobil keluarga yang beredar. Namun, tidak semuanya memiliki manfaat yang sama dan menjadi ideal. Mobil keluarga idaman haruslah irit bahan bakar, mengutamakan kenyamanan, dan tersedianya berbagai fitur pendukung.

Artikel ini akan membahas daftar mobil keluarga paling irit dan murah perawatan. Bagi Anda yang masih bingung mencarinya, mari simak artikel berikut.

Pengertian Mobil Keluarga

Sebelum membahas rekomendasi, mari pahami seperti apa mobil keluarga. Mobil keluarga pada dasarnya merupakan jenis mobil yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari setiap anggota keluarga.

Umumnya, mobil jenis ini memiliki kapasitas penumpang yang besar. Oleh karena itu, terdapat syarat kenyamanan pada ruang kabin dan juga berbagai fitur keselamatan yang harus terpenuhi.

Secara desain, mobil keluarga harus cenderung fokus terhadap kemudahan penggunaan sehari-hari. Apalagi Anda membutuhkan mobil keluarga irit dan nyaman, maka daya tahan dan efisiensi bahan bakar ikut menjadi faktor penting.

Kriteria Mobil Keluarga Irit BBM dan Murah Perawatan

Lalu, apa saja kriteria mobil keluarga yang irit, nyaman, dan memudahkan dalam perawatan? Untuk memudahkan, berikut adalah aspek yang harus menjadi pertimbangan.

1. Kapasitas Penumpang

Pertama, mobil keluarga tentu saja bertujuan untuk menampung seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, pilih mobil yang bisa menampung semuanya, termasuk bisa saja asisten rumah tangga atau pengasuh bayi.

Kebanyakan mobil keluarga berkapasitas tujuh hingga delapan penumpang. Setidaknya, mobil berkapasitas empat sampai lima kursi juga bisa bagi keluarga dengan satu atau dua anak. Alangkah lebih baik Anda memilih kapasitas lebih banyak.

2. Kapasitas Mesin

Kriteria kedua yang harus pertimbangkan adalah kapasitas mesin. Nilai kapasitas mesin biasanya menjadi faktor seberapa baik ketika memilih sebuah mobil. Anda dapat memilih kapasitas mesin mobil sambil mempertimbangkan penggunaan mobil nantinya.

Semenjak Anda mengincar mobil keluarga paling irit dan bandel, pilihan mobil dengan kapasitas mesin lebih dari 1.500cc menjadi hal yang bijak. Sebab, mobil keluarga akan sering terpakai untuk memuat banyak orang dan melewati jalur cukup panjang.

3. Sistem Transmisi

Berikutnya, sistem transmisi mungkin akan menjadi pertimbangan. Sistem transmisi mobil biasanya terbagi menjadi dua, yaitu matik dan manual. Keduanya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Transmisi matik cenderung lebih mudah untuk dioperasikan, terutama para pengemudi pemula. Namun, untuk mencari mobil keluarga matic paling irit tidak begitu mudah karena kebanyakan membutuhkan biaya perawatan komponen cukup tinggi.

Sementara itu, transmisi manual cenderung lebih murah dalam perawatannya. Terlebih, mobil manual lebih cocok untuk berkendara jarak jauh, melalui medan berat, dan memenuhi kebutuhan kecepatan.

4. Konsumsi Bahan Bakar

Salah satu aspek terpenting mobil keluarga paling irit terlihat dari konsumsi bahan bakar, atau lebih tepatnya BBM. Tingkat konsumsi BBM terlihat dari beberapa faktor tidak hanya dari kapasitas mesin.

Tentunya, terdapat beberapa faktor pemicu borosnya BBM. Di antaranya performa mesin yang bekerja terlalu keras dan beban muatan mobil melebihi batas kapasitasnya. Terlebih, desain komponen pistol juga patut menjadi pertimbangan.

5. Fitur Keselamatan yang Mumpuni

Penting juga untuk mempertimbangkan fitur keselamatan agar keluarga bisa lebih nyaman saat bepergian. Kini, banyak mobil lengkap dengan berbagai fitur keselamatan berkat perkembangan teknologi lebih canggih.

Fitur keselamatan paling dasar untuk mobil keluarga paling irit adalah sabuk pengaman dan airbag. Untuk fitur berbasis teknologi terkait pengereman, ada ABS (Anti-lock Braking System), EDB (Electronic Brake Distribution), dan BA (Brake Assist).

Ada juga teknologi alarm dan immobilizer yang akan membantu mengurangi risiko pencurian. Ada juga sensor parkir untuk memudahkan saat parkir atau pemberhentian. Terakhir, hill assist berguna untuk mencegah mobil mundur ketika lewat tanjakan.

Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit

mobil keluarga paling irit

Setelah melihat definisi dan aspek yang patut menjadi pertimbangan, terdapat beberapa rekomendasi mobil keluarga yang patut menjadi perhatian. Terdapat 10 mobil keluarga yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Toyota Avanza

Mari mulai rekomendasi dari mobil yang sangat klasik sebagai mobil keluarga, yakni Toyota Avanza. Terkenal dengan julukan “Mobil Sejuta Umat”, mobil ini banyak menjadi pilihan sebagai salah satu mobil keluarga favorit.

Kini, Toyota Avanza sudah memasuki generasi ketiga yang debut pada 2021. Tercatat, mobil ini memiliki kapasitas full tank 43 liter dengan angka konsumsi BBM sejauh 17,6 kilometer per liter.

Selain itu, mobil ini juga terkenal sebagai mobil keluarga murah. Tidak mengherankan banyak konsumen yang begitu banyak menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari bagi keluarga.

2. Daihatsu Xenia

Disebut sebagai pesaing berat Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga cukup populer sebagai mobil keluarga paling irit dan murah. Sama seperti pesaingnya, jenis mobil ini kini memasuki generasi ke-3.

Daihatsu Xenia generasi terbaru terkenal dengan sistem FWD, Front Wheel Drive. Sistem ini membantu mobil ini lebih irit. Tidak cukup sampai di situ, ada juga pilihan transmisi CVT yang lebih irit daripada sistem matic konvensional.

Hal itu sudah terbukti melalui hasil tes, Daihatsu Xenia bertransmisi CVT dapat mengonsumsi bahan bakar sejauh 29,9 km per liter saat kecepatan 60 km/jam. Tidak mengherankan jenis mobil ini tidak kalah populer berkat keunggulan keiritannya.

3. Hyundai Creta

Rekomendasi ketiga yang tidak kalah irit adalah Hyundai Creta. Produk dari produsen mobil asal Korea Selatan ini juga masuk dalam daftar mobil keluarga paling irit BBM.

Terbukti bahwa Hyundai Creta mampu menempuh jarak hingga 20 kilometer per liter. Alhasil, ini menjadikannya cocok ketika berpergian jarak jauh, terutama ketika melewati jalan tol.

Ada juga ECO mode sebagai upaya lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. ECO mode akan memperhalus tarikan gas sehingga perputaran mesin lebih rendah. Mode ini dapat Anda gunakan untuk perjalanan santai seperti saat di kota.

4. Mitsubishi Xpander

Rekomendasi mobil keluarga paling irit selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Mitsubishi Xpander. Mobil pesaing Avanza dan Xenia ini telah mendapat pujian berkat desain futuristik stylish dan performa andal.

Untuk dapur pacunya, terdapat suspensi yang nyaman sehingga cocok untuk setiap kondisi jalan. Belum lagi mobil ini memiliki mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimum 6.000 rpm dan torsi maksimum 4.000 rpm.

Selain itu, fitur Mitsubishi Xpander cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan dan keamanan. Salah satu fitur canggihnya adalah kontrol traksi dan stabilitas, fitur hiburan modern, sensor parkir, dan Dual SRS Airbag.

5. Suzuki Ertiga

mobil keluarga paling irit

Suzuki Ertiga ikut meramaikan persaingan mobil keluarga paling nyaman dan irit. Jenis mobil ini terkenal berkat desain modern dan ruang kabin luas sehingga menawarkan kenyamanan untuk setiap anggota keluarga.

Berbicara tentang performa, mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1.500cc yang menghasilkan performa baik tanpa mengorbankan konsumsi BBM. Tercatat konsumsi BBM-nya mencapai 18,6 km per liter.

Efisiensi BBM Suzuki Ertiga generasi baru ikut terbantu berkat penggunaan HEARTECT. Platform tersebut terbuat dari bahan high strength steel yang membuat berat mobil lebih ringan 50 kg daripada generasi sebelumnya.

6. Daihatsu Ayla

Berikutnya ada Daihatsu Ayla yang tak kalah menarik. Dari kelihatannya, mobil ini terlihat mungil, tetapi performanya membuatnya unggul dalam efisiensi bahan bakar berkat teknologi VVT-i.

Daihatsu Ayla tercatat memiliki kapasitas mesin 1.200 cc dengan kemampuan jarak tempuh sampai 20 km per liter. Ini membuatnya termasuk mobil keluarga paling irit. Meski memiliki kapasitas hingga lima orang, mobil ini memiliki ruang kabin cukup lega.

Menariknya lagi, Daihatsu Ayla juga banyak diincar sebagai mobil bekas. Jika statusnya bekas, ini bisa menjadi mobil keluarga harga 50 jutaan.

7. Toyota Kijang Innova

Satu lagi jenis mobil keluarga klasik adalah Toyota Kijang Innova. Tak kalah dari Daihatsu Ayla, mobil ini memiliki teknologi dual VVT-I yang menjadikannya salah satu mobil keluarga paling irit.

Selain itu, terdapat pilihan kapasitas mesin dari 1.000 cc sampai 2.000 cc. Torsi maksimalnya mencapai 190 Nm dengan tenaga maksimal 149 hp. Fitur keselamatannya cukup lengkap termasuk ABS dan Electronic Airbag System.

Untuk kenyamanan, kabin Toyota Kijang Innova tergolong luas. Alhasil, mobil kelas MPV ini cocok untuk keluarga perkotaan.

8. Honda Brio

mobil keluarga paling irit

Jika memiliki keluarga dengan anggota cukup sedikit, Honda Brio mungkin cocok sebagai pilihan mobil keluarga paling irit BBM. Tercatat mobil ini dapat mencapai maksimal 22,6 km per liter.

Efisiensi BBM terbantu oleh kapasitas mesin 1200 cc dengan tenaga maksimum 90 ps dan torsi maksimum 110 Nm. Selain itu, mobil ini menggunakan sistem transmisi CVT yang ikut membantu efisiensi BBM.

Sebagai mobil hatchback compact, Honda Brio bisa menampung hingga lima orang dan memiliki kabin serta bagasi lebih luas di kelasnya. Alhasil, keluarga kecil Anda dapat menikmati kenyamanan saat berada di dalam mobil tersebut.

9. Datsun Cross

Selanjutnya, Datsun Cross merupakan mobil keluarga paling irit nyaman bagi yang mengincar kenyamanan dan efisiensi. Pasalnya, mobil ini memiliki kapasitas mesin 1200 cc yang menyeimbangkan tenaga serta efisiensi bahan bakar.

Selain itu, Datsun Cross cocok untuk melewati setiap kondisi jalan, termasuk pedesaan. Bahkan, ada fitur Vehicle Dynamic Control dan dual airbag yang menjamin keselamatan.

Untuk kenyamanan, mobil ini memiliki ruang kabin yang luas. Alhasil, keluarga Anda dapat secara leluasa menikmati perjalanan.

10. Honda Mobilio

Pilihan mobil keluarga paling irit yang tak kalah menarik adalah Honda Mobilio. Mobil ini menawarkan keseimbangan kenyamanan dan efisiensi berkendara. Desain setiap bagian eksteriornya terkesan modern.

Mobil ini memiliki kapasitas mesin 1.500 cc, tenaga maksimum 118 hp, dan torsi maksimum 4600 rpm. Berkat ketiganya, mobil ini bisa mencapai jarak 18,9 km per liter. Fitur i-VTEC ikut membantu kinerja mesin sambil mengefektifkan efisiensi bahan bakar.

Tidak kalah dari eksterior, interior-nya memiliki desain ergonomis dan fleksibel. Dengan demikian, Anda bisa mengonfigurasi tempat duduk sesuai kebutuhan. Terlebih, versi mobil bekasnya tergolong mobil keluarga murah di bawah 100 juta.

CarsGallery menyediakan mobil dari berbagai brand terkenal seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Hyundai. Dengan harga mulai dari di bawah Rp200 juta, Anda bisa mendapatkan mobil bekas idaman.

Tunggu apa lagi? Segera beli mobil bekas anti-zonk di Carsgallery – Tempat Jual Beli Mobil Bekas sekarang juga!

FAQ

Mengapa harus memilih mobil keluarga yang irit?

Terdapat berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan seperti menghemat biaya operasional, efisiensi, dan faktor ramah lingkungan.

Aspek apa saja yang patut diperhatikan untuk membeli mobil?

Anda harus memperhatikan aspek kapasitas mesin, kenyamanan kabin, efisiensi bahan bakar, dan keselamatan.

Berapa harga mobil bekas yang cocok untuk keluarga?

Anda bisa mendapatkan mobil bekas mulai dari Rp50 jutaan saja.

Other Post

Related Post