Ketahui 4 Perbedaan Speedometer dan Odometer, Penting!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Dalam sebuah kendaraan baik motor ataupun mobil ada komponen dan fitur yang wajib Anda ketahui, salah satunya speedometer dan odometer. Namun, masih banyak orang belum

Dalam sebuah kendaraan baik motor ataupun mobil ada komponen dan fitur yang wajib Anda ketahui, salah satunya speedometer dan odometer. Namun, masih banyak orang belum tahu perbedaan speedometer dan odometer.

Apalagi yang benar-benar awam di dunia otomotif. Arah jarum speedometer saja kadang sulit dipahami. Nah, untuk mencegah kebingungan antara speedometer dan odometer. Anda bisa cek informasi selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Speedometer dan Odometer

Jika Anda lihat sekilas, aplikasi speedometer dan odometer akan terkesan mirip sekali. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Biar tidak salah mengartikan, yuk pelajari pada saja perbedaan speedometer dan odometer berikut ini:

1. Pengertian

Pertama perbedaan paling menonjol bisa langsung Anda ketahui dari pengertian keduanya. Speedometer motor ataupun mobil merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk mengukur kecepatan kendaraan.

Berbeda dengan odometer yang menjadi alat untuk mengukur jarak tempuh dari suatu kendaraan. Kedua alat ini seringkali disamakan karena letaknya memang berdampingan, seperti fitur lainnya yaitu tachometer dan indikator bensin.

Jika Anda masih bingung, kenali saja apabila tampilan layar yang keluar dari alat odometer pasti berupa angka dalam satuan kilometer. Sedangkan speedometer akan menampilkan satuan kilometer per jam atau km/jam.

2. Fungsi

Berikutnya adalah perbedaan dari segi fungsi. Jika dari pengertiannya saja sudah tidak sama, maka fungsinya pun memiliki perbedaan yang cukup menonjol.

Fungsi speedometer untuk mengukur kecepatan dan laju dari kendaraan. Selain itu, speedometer juga bisa memonitor kapasitas BBM dari kendaraan Anda dan penanda lampu indikator.

Berbeda dengan odometer yang memiliki fungsi untuk menentukan jarak tempuh yang sudah dilalui oleh kendaraan. Kedua alat ini memiliki fungsi yang sama pentingnya bagi pengendara.

3. Jenis

Setelah Anda mengetahui fungsi speedometer dan odometer. Kini saatnya Anda mengetahui jenis-jenis dari speedometer dan juga odometer. Speedometer memiliki dua jenis yaitu digital dan analog.

Untuk speedometer analog, ketika Anda berkendara dengan cepat maka kecepatan putaran magnet pun juga semakin besar. Berbeda dengan speedometer digital yang hanya memberikan tampilan hasil dalam bentuk sinyal saja.

Sama seperti speedometer, odometer juga memiliki dua jenis berbeda yaitu analog dan digital. Untuk odometer analog cara kerjanya mempengaruhi gir dan gigi agar bisa berfungsi dengan baik.

Sedangkan odometer digital bekerja secara komputerisasi melalui perhitungan tegangan. Proses perhitungan sistem ini nantinya akan menjadi acuan dari jarak yang akan ditempuh oleh kendaraan.

4. Cara Kerja

Terakhir, Anda bisa cek perbedaan dari cara kerja kendaraan. Untuk cara kerja dari speedometer tergantung dari jenisnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, speedometer analog akan bekerja dengan roda gigi.

Sedangkan, speedometer digital memiliki cara kerja secara komputerisasi dengan kombinasi pulser dan magnetic dan melewati sistem gir.

Sama halnya dengan speedometer dengan dua jenis. Odometer juga memiliki dua jenis dengan cara kerja yang tidak sama. Odometer analog akan bekerja memakai bundaran yang bergerak menggunakan sistem mekanik.

Untuk odometer elektronik (digital) akan memanfaatkan sistem elektronik berupa angka yang nantinya akan ditampilkan pada layar panel meter.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan speedometer dan odometer yang bisa Anda ketahui dari informasi atas. Meskipun sederhana tetapi paham dan mengenal kedua komponen mobil atau motor ini akan bermanfaat sekali untuk Anda.

Utamanya bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas. Cek kilometer mobil bisa menjadi pertimbangan tersendiri. Namun, jika Anda ingin membeli mobil bekas dengan kualitas premium, odometer rendah dan harga terjangkau.

Cars Gallery jawaban paling tepat untuk Anda. Menjadi salah satu tempat jual beli yang telah mengantongi sertifikat resmi. Cars Gallery memiliki inspektor profesional yang mengecek keseluruhan kondisi mobil bekas dengan kualitas tinggi, cek yuk.

Other Post

Related Post